andi yaurie :: aeromodelingpemula :: Watampone :: South Celebes :: Indonesia

Selasa, 06 Januari 2009

Simulator Pesawat Aero


Lama rasanya tidak pegang pesawat karena hampir setiap hari tempat saya selalu diguyur hujan. Waktu yang bagus untuk menerbangkan pesawat yakni pagi sekitar jam 7 dan sore sekitar jam 5 juga selalu turun hujan. Praktis pesawat tidak bisa diterbangkan karena thrust propeller tidak bisa bekerja secara maksimal. Selain itu, komponen elektronik dalam pesawat seperti batere, speed control, servo, reciever, dan motor elektrik rentang kemasukan air dan berakhir dengan kerusakan. Radio control pengendali pesawat di darat juga berpotensi rusak jika kena air.

Namun, ada cara lain menerbangkan pesawat walaupun dalam kondisi hujan deras. Tentu saja pesawat yang diterbangan bukan di luar ruangan. Untuk yang satu ini, pesawat diterbangkan di depan layar monitor komputer. Jenis pesawat juga bisa dipilih semau-mau kita. Ada pesawat fixed wing dan rotated wing. Jumlahnya puluhan bahkan kita tidak perlu khawatir pesawat crash. Cara menerbangkan pesawat persis seperti di outdoor.

Program yang digunakan adalah simulator. Sekilas mirip game pesawat namun peruntukannya sebenarnya lebih dari itu. Simulator dirancang untuk melatih jari-jari tangan memegang radio kontrol untuk mengendalikan pesawat mulai di tanah, running, terbang, dan pendaratan. Mengendalikannya persis seperti mengendalikan pesawat aeromodeling yang terbang sungguhan.

Jenis dan kualitas simulator ini beragam. Mulai yang sederhana sampai yang cool abis. Salah satu software yang paling bagus dari sisi grafisnya yaitu Phoenix yang sekarang sudah mencapai versi 1,5. Kelebihan simulator ini disamping grafisnya yang memukau juga cara menggunakannya yang friendly user. Landasan terbang bisa dipilih mulai dari dekat kebun jagung, beraspal hotmix, di danau, sampai di laut. Jenis pesawat juga beragam baik yang mendarat di darat maupun di air. Pokoknya simulator ini paling mantap bagi saya. Sebelum menerbangkan pesawat aeromodeling tidak ada salahnya mencoba simulator ini.

19 komentar:

Unknown mengatakan...

Simulator sangat penting baik untuk pemula maupun yang sudah pandai ...

Om, visit http://dalangrc.blogspot.com

irga mengatakan...

makasih buat infonya..^^

Neng Tri Tjahjani mengatakan...

Anak saya amat tertarik dengan Aeromodeling, juga RC Car, tolong infokan alamat workshop anda di Denpasar, karena kami juga berdomisili di Dps. Kami tunggu infonya di yapsstdo@indosat.net.id , thanks.

aeromodelingpemula mengatakan...

Silakan cari di Jalan Kapten Agung, Chopter Hobby. Di depannya ada toko penjual sepatu.

ADMIN mengatakan...

mas dapat softwere Phoenix dmna yach ... ada yg gratis he he

Anonim mengatakan...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

sulistyo tuga mengatakan...

Saya sangat tertarik pada dunia aero modeling terutama yang medidik anak untuk tahu aerodinamik dan mohon kiranya saya bisa dapatkan buku panduannya !Dan tolong informasikan ke saya dimana kami bisa dapatkan kayu balsa(bahan rangka)dan perlengkapannya !infokan di surabaya kalau ada daerah denpasar!atas bantuannya terima kasih .

Anonim mengatakan...

Boss, di mana saya bisa download software Phoenix-nya? kalo bisa sih yang gratis gt....

satrio - aeromodeling mengatakan...

DUNIA AEROMODELING SANGAT BANYK PMINAT NA..
TRSA ASIK BGI YG SDAH HNDA.. ^_^

polres mengatakan...

selamat pagi mw nanyak peralatan pa ja yang dibutuhkan dalam membuat 1 pesawat dan dmana mendapatkanya peralatan tersebut serta beritahu donk cara ngerangkainya,,,mohon bntuanya maklum pemula yang msih nol tetntang aeromodeling

Unknown mengatakan...

bang saya ingin belajar aeromodeling dimana saya mendapatkan informasi dan cara membuat pesawat aeromodeling yang sederhana terimakasih

aeromodelingpemula mengatakan...

Maaf baru sempat dibalas. Coba Om kunjungi grup www.gaero.org
di grup ini banyak dibahas tentang seluk beluk beserta cara membuat pesawat sederhana aeromodeling.

tips mengatakan...

keliatannya memang asyik main aero modeling ya,, jadi pengin juga nih nyoba, mg bisa terlaksana nantinya

Unknown mengatakan...

cari aj di google.....adah kok..

Unknown mengatakan...

kalau mau dapat bahan 2nya bili di jl redda retta denpasar.....kalau masih bingung tlp saya atas nama rendi di 0361,721227

Unknown mengatakan...

alat yg di butuhkan itu harus sesuai dengan berat bobot pesawat...tlp aja saya untuk lebih lengkap ......di 0361,721227 ....SALAM AEROMODELING DENPASAR...

aditya mengatakan...

barangkali ada yang ingin simulator rc bisa kontak saya

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.