andi yaurie :: aeromodelingpemula :: Watampone :: South Celebes :: Indonesia

Minggu, 28 Oktober 2007

Test Flight Glider A1


Setelah tiba di lapangan AtakkaE. Pesawat disiapkan untuk test terbang. Angin bertiup sepoi-sepoi. Pesawat yang akan dicoba terbang sejenis free flight model yaitu Glider A1 dengan wingspan 1400 mm, fuselange length 970 mm, dan berat sekitar 430 gr. Sayap tepi kiri dan kanan saya ikat dengan tali agar lebih kuat dan tidak mudah lepas pada saat terbang.

Tes terbang dimulai, pesawat dilempar ke depan berlawanan dengan arah angin. Pesawat masih menukik. Setelah menyetel stabilo, posisi terbang pesawat sudah agak terangkat. Saya coba sekali lagi, hasilnya pesawat berhasil terbang sebentar dan belok kanan lalu jatuh.

Selanjutnya, saya mencoba menarik dengan menggunakan tali kasur yang dibentangkan kira-kira lima meter. Namun, lagi-lagi angin hanya bertiup sangat lembut. Saya tunggu hingga angin bertiup agak kencang. Namun tak kunjung datang. Haripun sudah semakin sore dan sebentar lagimagrib.

Setengah putus asa saya nekat menarik pesawat dengan tali. Mirip dengan menerbangkan layang-layang. Badan pesawat harus dipegang bersamaan dengan tali ditarik. Jadi membutuhkan dua orang untuk menerbangan pesawat. Rupanya usaha saya sia-sia karena tiupan angina yang sangat lembut.

Sambil menunggu tiupan angin yang agak kencang, saya memandangi pesawat dan mencoba mengingat penyebab pesawat yang masih belum stabil terbangnya. A.ha…!, saya ingat…., rupanya pesawat belum diberikan pemberat pada bagian depannya. Sialnya lagi, saya tidak membawa timah pemberat ke lapangan. Secara keseluruhan tes terbang pada hari itu belum memuaskan.

Sengkang, 28 Oktober 2007

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.