andi yaurie :: aeromodelingpemula :: Watampone :: South Celebes :: Indonesia

Sabtu, 01 November 2008

Membuat Pesawat 3D Ferio


Saya terinspirasi model Ferio dari Hobbytech, pesawat profile 3D yang terbuat dari bahan gabus. Pesawatnya sangat lincah melakukan manuver. Sangat mengasyikkan diterbangkan bagi “intermediate pilot” keatas. Akan tetapi, tidak disarankan bagi pemula.

Sepertinya menarik untuk dibuat sendiri asalkan bahan gabusnya tersedia. Namun, tidak semua toko penjual gabus menyediakan bahan gabus yang ketebalannya sekitar tiga milimeter. Pilihan saya ke tempat khusus yang menyediakan gabus. Saya memilih membuat pesawat ini di workshop Putu Ary di Denpasar. Kebetulan bahan dan peralatan membuat pesawat di workshop ini lumayan lengkap.

Setelah menggambar mengikuti alur pattern yang disediakan oleh Komang, asisten Putu Ary, proses selanjutnya memotong gabus berdasarkan alur pola tadi. Dibutuhkan teknik khusus untuk memotongnya. Jika cara memotongnya kurang tepat maka pinggiran gabus yang dipotong akan rontok. Cutter yang digunakan harus selalu tajam. Jika cutter agak tumpul, dipotong lagi bagian yang terluarnya agar senantiasa tajam dan memotong gabus selalu tepat.

Setelah selesai memotong semua pola yang dibutuhkan, proses selanjutnya menempelkan stiker berwarna agar lebih menarik saat terbang. Jangan lupa memberikan kayu melamin melintang pada bagian sayap agar sayap tidak mudah bengkok. Juga alat lain sehingga pesawatnya bisa terbang seperti baling-baling, ESC (kontrol kecepatan motor), motor listrik tenaga baterei, baterei tiga sel, dan radio penerima. Jika semua alat sudah terpasang, masih membutuhkan pemeriksaan titik seimbang pesawat agar pesawat terbangnya mantap.


Jantung berdebar-debar menunggu pesawat buatan sendiri terbang perdana dan melakukan manuver-manuver menantang. Seperti apakah nanti terbangnya?

38 komentar:

Anonim mengatakan...

wah... hebat buat pesawat... kirimin satu donk pesawatnya... hehheehe

Anonim mengatakan...

wah ternyata asyik jg ya aeromodeling

Known How Money Comes mengatakan...

alo, mas...
mo nanya ni kalo mo beli pesawat/heli aeromodeling dimana ya, kalo ada alamat situsnya bole jg, Thanks bro...

aeromodelingpemula mengatakan...

coba di hobby-aeromodeling.com

Anonim mengatakan...

pak sy tertarik denggan pesawat yg bapak buat. apa saja kebutuhannya pak dan untuk bahan foamnya ada tidak di makassar ?

Terimakasih

Yohannes Mainda
ymainda@gmail.com

aeromodelingpemula mengatakan...

Untuk di Makassar, saya belum hunting. Soalnya sekarang saya berdomisili di Watampone sekitar 185 km dari Makassar. Tapi kita bisa buat dari gabus biasa bekas pelapis alat elektronik yang saya yakin banyak di Makassar. Nanti jika ada waktu saya akan posting pesawat yg saya buat dengan menggunakan gabus tersebut. Maaf terlambat merespon.

Anonim mengatakan...

Halo beli perkenalan saya I Putu Indrawan saya tinggal di Tabanan. Saya dari dulu tertarik dengan Aeromodel tapi tidak tau dimana saya bisa share.
Bai saya terkatik tentang pesawat gabus remot kontrol itu. Klo boleh tau dimana saya bisa mendapatkan Plan dan bahan-bahanya jika berkenan saya dikasih planya ;P saoalnya dirumah baru bisa buat pesawat glider dari kertas

Trim
iputu_indrawan@yahoo.com

aeromodelingpemula mengatakan...

Coba hubungi workshopnya Bli Putu Ary di Jl. Gunung Agung Muding Mekar, Kompleks Matahari 14. Telpon: (0361) 8448903

Anonim mengatakan...

Wah terimakasih banyak Beli. Maaf kemaren itu tulisanya ga jelas soalnya key broadnya ternyata mecet2tan :p. Terima kasih banyak tentang informasinya beli baik yang ada di blog anda dan juga informasi workshopnya. dan itu benar2 membantu. Salam sukses.
I Putu Indrawan

Anonim mengatakan...

heheheh Servo, reciver, Remot, batrai, speed controlnya, dan dinamonya saya sudah dapat link tnggal pesan saja plan juga sudah ( dapet dari link ini :p Cesana 108 full fuse) nah masalahnya gabus depronya saya lom dapet, klo boleh tau di Denpasar dimana saya bisa dapet? oya beli, no tlp yang beli kasi koq ga pernah merespon ya?

Trims dan maaf banyak bertanya, maklum lagi pemula dan juga penasaran.

I Putu Indrawan

Anonim mengatakan...

sy mo bikinpesawat dari gabus tapi saya blum tahu cara selengkapnya,jd sy minta tolong diberitahu bagaimana cara membuat selengkapnya.trims

aeromodelingpemula mengatakan...

Coba ke Pak Hari di Jl. Gatsu Barat, beliau salah seorang "pabrik pesawat" di Denpasar baik pesawat balsa maupun gabus. no. tlpnnya (0361)7949763

Anonim mengatakan...

saya sangat tertarik dengan dunia penerbangan tapi sangat sedikit pengetahuan tentang hal tersebut, tolong dong minta skenario pembuatan pesawat tersebut dari A sampai Z (mendetail). terimakasih

Unknown mengatakan...

Permisi...Blognya ta'bookmark dulu dha :)...
Kpingin blajar banyak nih ama mas...Soalnya sy jga senang sekali ama aeromodeling.Trimakasih banyak udh brbagi mas

iyandri mengatakan...

mas mau tanya, saya jg pengen buat. tapi itu polanya dapat dari mana ya?

Aeroholic mengatakan...

Boleh tau detail cara pembuatannya gak?

ty@stech mengatakan...

...salam kenal mas.....

UTe mengatakan...

beli, keren nih postinganannya,
tapi saya baca cuman tentang bodinya doank pake sterofoam, saya tungguin msalah penggeraknya tuh (elektronika nya)...

ada tentang pembuatan mesin/motor penggeraknya gak?

makasih...

yoga D artama mengatakan...

OM klo beli mesin'a DI MANA and harga'a kira" berapa ya

Anonim mengatakan...

Halo mas,
Saya sngat trtarik dengan aeromodlng, dan saya mau tanya kalo dibali dimana sih tempat beli bahan2nya,, tertama untk mesinnya?

Anonim mengatakan...

salam knal.... saya blogger juga tapi blogger otomotif....
saya sungguh tertarik dengan pembahasan anda mengenai aeromodelling, apakah bro admin ini tinggal di bali??? karena saya orang bali yang pengin belajar aeromodeling juga...
kunjungi blog saya di http://dewataspeedblog.wordpress.com
:)

Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Tanjung Selor mengatakan...

ass. mas sy tertarik bgt dgn pswt aeromodeling. bisa gk mas ya sy minta dikirim alat2nya (mesin-mesin yg digunkn). sy jg kpingin mencoba.trus brp biayanya? trims

Khairul Narwan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Khairul Narwan mengatakan...

Hallo pak saya tertarik dgn peesawat "gabus 3D Ferio buatan" Bpk.saya suka aeromodeling & pemula, bagaimana caranya membuatnya dgn rinci & dimana mendapatkan alat-alatnya, brp biayanya?
Terimakasih.

Dari Hermawan di Bekasi.

lanjarankacang mengatakan...

Apa bisa beli satu yg bisa terbang tanpa mesin ya...alias...didorong atau dilempar pakai manual (tangan)? by Lanjarankacang

Pesawat Gabus mengatakan...

Coba yang satu ini bro . . . Baru bisa buat blog nihhh . . .

http://gede123.blogspot.com

thanks

Anonim mengatakan...

salam kenal
sy rizki di jkt

mas klo mau beli mesin sm remote control nya kira2 biaya nya brp ya???

terimakasih

aeromodelingpemula mengatakan...

Terima kasih untuk semua komentar. Untuk sementara saya belum bisa memproduksi lalu menjual pesawat ini. Hanya sekedar penasaran ingin bereksperimen mencoba membuatnya sendiri. Itupun sampai sekarang foam yang sudah dipotong dimasih tersimpan di rumah, belum dipasangi alat lainnya.

aeromodelingpemula mengatakan...

buat mas Rizki, coba cek harga di: http://hobby-aeromodelling.com/

Anonim mengatakan...

om, mau tanya, sy udh nyoba buat body pesawat+wings, tp sy bingung om untuk servonya ada berapa y om? kn buat gerakin sayap kanan-kiri (naik turun) dan sirip belakang (belok kanan-kiri)

makasih om sebelumnya :)

Unknown mengatakan...

Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk MBAH SARTO kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasangf togel,hasil ritual MBAH SARTO meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya MBAH SARTO lah yang bisa merubah nasib kami..MBAH SARTO orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 082=378=607=111 MBAH SARTO,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai.

makassar_news mengatakan...

pak kalau alamatnya di bone dimana yah soalnya saya juga orang dan tertarik dengan rc pesawat yang bapak rakit .

Unknown mengatakan...

di:rc-murah.com

Unknown mengatakan...

misi mas, mau nanya nih beli radio penerima nya dimna ya??

kalo mas punya barang nya, mau jual gitu ,cod aja mas ke saya....

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

Harga brapa.mas,klo.dah jdi.pesawat serofoam.nya ajj...sya ada bekas heli.4 cenel.. sya tinggal pesawat serofoam.nya ajj.. nh pin bbm sya mas.. mksh.. 5A3577E2

Unknown mengatakan...

Ukuran nya gx usah gede" mas.. sedang ajj.. mhon di invit mas buat informasi slanjut nya.. mksh