andi yaurie :: aeromodelingpemula :: Watampone :: South Celebes :: Indonesia

Selasa, 01 Januari 2008

Bagian Pesawat Radio Control


Sebagai seorang pemula dalam aeromodeling, maka wajib hukumnya mengetahui bagian-bagian dalam pesawat yang mengakibatkan pesawat tersebut dapat melakukan berbagai manuver di udara. Bagaimana sebuah pesawat dapat melakukan penerbangan naik atau turun, belok kiri atau kanan, atau melakukan rolling di udara. Semua itu berasal dari berbagai bagian yang dapat gerakkan dalam pesawat yang dikendalikan dari jarak jauh.

Agar mudah dijelaskan, saya mengutip gambar dari Wind Rider, Site Admin pada forum Grage Aeromodeling. Rudder merupakan alat kendali yang memungkinkan pesawat dapat belok kiri atau kanan. Dengan menggerak-gerakkan rudder yang berada pada fin (sirip, ekor yang horisontal) maka pesawat akan melakukan manuver belok. Apabila rudder digerakkan ke kiri maka pesawat akan belok ke kiri begitu pula sebaliknya.

Elevator memungkinkan pesawat terbang naik dan turun. Elevator letaknya pada bagian belakang stabilizer atau stabilo (ekor yang posisinya datar). Jika elevator ditarik ke bawah maka pesawat akan turun. Jika elevator ditarik ke atas maka pesawat akan naik.

Fuselage atau bagian badan pesawat. Badan pesawat dapat dibuat dari berbagai bahan misalnya pipa PVC, kayu balsa, plastik, alumunium, dan fiber.

Wing atau sayap yang memungkinkan pesawat dapat terbang di udara. Di wing terdapat aileron yang merupakan kemudi guling pesawat.

Landing gear merupakan roda pesawat yang berguna untuk digunakan dalam pendaratan pesawat. Cowling merupakan tutup bagian depan pesawat. Propeller merupakan baling-baling pesawat. Engine merupakan mesin pesawat khusus yang menggunakan bahan bakar. Apabila mesin pesawat tidak menggunakan bahan bakar namun digerakkan dengan tenaga listrik maka disebut motor. Terakhir spinner atau tutup hidung pesawat yang fungsinya juga melindungi bagian depan baling-baling.

Watampone, 1 Januari 2008

2 komentar:

9E-Hilman Nurfanani mengatakan...

Bagus beud wat msuk smk penerbangan...

dayat mengatakan...

makasih artikelnya agan...