andi yaurie :: aeromodelingpemula :: Watampone :: South Celebes :: Indonesia

Jumat, 14 Maret 2008

Bahan Bakar Pesawat Engine Aeromodeling


Sudah lama sebenarnya saya ingin berbagi tulisan mengenai bahan bakar pesawat aero dan juga atas desakan salah seorang pembaca blog ini. Namun, rupanya kesempatan dan mood menulis sering menjadi biang kerok untuk dijadikan alasan penundaan.
....
Ternyata beberapa tipe pesawat model bila diterbangkan juga membutuhkan bahan bakar. Sama halnya dengan mesin kendaraan beroda menggunakan BBM agar mesin dapat menghasilkan tenaga gerak. Namun bahan bakar yang digunakan dalam pesawat model jenisnya berbeda dengan kendaraan beroda, sebenarnya pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama didalam mesin.

Pesawat model menggunakan bahan bakar yang disebut dengan Nitromethane dengan rumus kimia CH3NO2 , biasanya lebih gampang jika disebut saja Nitro. Kandungan oksigen dalam Nitro lebih sedikit jika dibandingkan dengan bensin. Sebagai ilustrasi, dibutuhkan 14,6 kg udara untuk membakar satu kilogram bensin. Sebaliknya, untuk Nitro hanya butuh sekitar 1,7 kg udara. Sehingga Nitro menjadi bahan bakar pilihan untuk mesin yang ukurannya lebih kecil daripada mesin kendaraan beroda namun menghasilkan tenaga yang besar seperti pesawat model dan mobil yang menggunakan sistem kendali radio kontrol.

Untuk mendapatkan hasil pembakaran yang maksimum, biasanya Nitro dicampur dengan unsur lain seperti hydrazine. Oleh karena harga bahan bakar ini tergolong mahal dan hanya bisa dijual di tempat tertentu. Sulit didapatkan di beberapa pulau besar di Indonesia. Undang-undang penerbangan sangat melarang bahan bakar ini dibawa di atas kabin pesawat karena cairan mudah terbakar. Sehingga untuk mendapatkan BBM ini sebaiknya menghubungi Federasi Aero Sport Indonesia atau toko penyedia alat aeromodeling.

Namun penggemar aeromodeling di tanah air tidak kehilangan kreatifitas memikirkan pengganti Nitro. Dengan menggunakan campuran castor oil atau lebih dikenal sebagai minyak jarak dan ditambah dengan methanol maka mesin pesawat sudah siap terbang. Kedua cairan ini dapat dengan mudah diperoleh di apotik atau toko penjual bahan kimia. Tentu saja harganya jauh lebih murah dibanding dengan Nitro. Kualitas pembakaranya pun tidak kalah dengan Nitro. Biasanya digunakan campuran 1 liter minyak jarak banding 5 liter methanol. Racikan ini dapat digunakan sekitar tiga sampai lima jam menerbangkan pesawat. Cukup untuk membuat leher pegal-pegal menengadah ke udara mengendalikan pesawat. Nah... tertarik?. Mari racik sendiri!

Denpasar, 14 Maret 2008

24 komentar:

dasir mengatakan...

Yup.. ada senyawa methane-nya toh, ternyata "nitro" di sini hanya istilah aja..
Indonesia memang kreatif di segala bidang termasuk memodif bahan bakar untuk pesawat Aero..Mudah didapat, murah dan bisa terbang.
Ok makasih Andie, baru ngerti sekarang.

Anonim mengatakan...

Maaf dalam postingan sebelumnya, saya sebut "nitro" sebagai "Nitrogen" padahal seharusnya "Nitromethane".

Terimakasih.

andi yaurie

fachrie230 mengatakan...

terus castro oil ama metanol apakah langsung dicampur gitu aja...??? atau harus ada proses tertentu dahulu..??

kia mau coba juga nih dengan mesin yang bukan untuk aeromodeling misalnya mesin mobilan remote control atau yg lainnya...???



fache

Anonim mengatakan...

castrol oil (minyak jarak)dan methanol langsung aja dicampur. Pastikan pakai methanol semurni mungkin 99,0%. Kalau masih banyak kandungan airnya unjuk kerja mesin kurang sempurna. Ada yg pernah coba untuk mobil RC nitro tapi mesin nggak stabil & nggak ada tenaga.

andi yaurie

Anonim mengatakan...

maaf, tertulis = kandungan methanol ... 99,0%. Seharusnya 99,9%.

andi yaurie

RIFKY mengatakan...

om dapatkan minyak jarak di mana ya >>>>>>... soalnya di sini susahdan kayaknya g ada....

RIFKY mengatakan...

jawab dunk plz......

aeromodelingpemula mengatakan...

Coba cari di toko bahan kimia. Kotanya di mana?

andi yaurie

Generasi Rabbani mengatakan...

berapa perbandingan antara castor oil dg methanolnya bro ? nuhun, cepi bogor

Anonim mengatakan...

numpang coment om... perbandingan yg bagus adalah 80% methanol 99.9% dan 20% castor oil (jarak) ... dan 1 kali mix cuma bisa dipake 1 x maen sampe habis.. kalo di diamkan castor mengendap degummed.... gasssss!

nugi hardiansyah mengatakan...

Ada club aeromodeling di cirebon gak ya...mohon info lengkap kalo ada..mksh.

abdul azis mengatakan...

ijin tanya....miyak castor ada gak di apotik gan...per liter brapa harga nya...mksh

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Budiman Tanudjaja mengatakan...

Saya pernah pakai campuran oli samping motor 2 tack bisa......

Budiman Tanudjaja mengatakan...

Saya pernah pakai campuran oli samping motor 2 tack bisa......

Collin Latung mengatakan...

ada beberapa input , memang % bisa dirubah bahkan bisa 0% jangan lupa nitromethane bisa memberikan power sampai lebih dari 3 kali lihat di amrik ga ada tanpa nitro bisa bersaing di drag

Ingat juga oli motor 2 tak bisa di pakai akan tetapi daya lumas sangat berkurang di banding castor based

Saya dah coba motor standard hanya karbu saja lobang spuyer dibesarkan , power sangat berbeda dengan motor modif liwat bro

salam collin

Collin Latung mengatakan...

tambah lagi kalu mau lebih ganas rc fuel di tambah acenone max 10%

umar bin khatab mengatakan...

Pake methanol dan castor oil apa tidak bikin jebol untuk rc car

Rachmat Kurniawan mengatakan...

Adakah alternatif pengganti castor oil? Misalkan minyak goreng yg agak encer gitu?

tohar 73 mengatakan...

Saya pake metanol 80% +20% castor oil,,oke aja, tiap hari terbang ga masalah,, kl beli nitro terus ga bs menyimpan dgn baik,, malah cerewet mesin,,

tohar 73 mengatakan...

Saya pake metanol 80% +20% castor oil,,oke aja, tiap hari terbang ga masalah,, kl beli nitro terus ga bs menyimpan dgn baik,, malah cerewet mesin,,

Erwan Lutfianto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Erwan Lutfianto mengatakan...

Methanol itu apa spirtus om??

Robby Kurnia mengatakan...

Pure Aseton to danger for human inhale , RC engine burn out this gas...