andi yaurie :: aeromodelingpemula :: Watampone :: South Celebes :: Indonesia

Senin, 18 Februari 2008

Wisata Aeromodeller


Hari Minggu kemarin 17 Feb 08, rencananya akan terbang tandem di Pulau Serangan, Denpasar Bali. Maksudnya yang ditandem adalah Transmitternya. Alat yang dipakai yakni dengan menggunakan dua transmitter. Saya memegang satu transmitter dan transmitter yang satunya dipegang oleh pelatih. Kegunaannya jika yang dilatih kewalahan menerbangkan pesawat atau pesawat yang dikendalikan tiba-tiba stall atau kehilangan kendali maka instruktur akan cepat mengambil alih kendali.

Namun angin di Pulau Serangan bertiup agak kencang sehingga mengurungkan niat saya untuk terbang. Hanya pilot yang sudah lama malang melintang di dunia aeromodeling saja yang berani menantang angin.

Saya bertemu dengan Pak Putu Ary, aeromodeller Bali. sebenarnya sudah lama kami menjalin komunikasi dengan beliau melalui forum di internet namun baru kali ini saya berkesempatan berjumpa langsung dengan beliau.

Setelah Putu Ary menerbangkan pesawat Piper Cub dengan kecepatan angin yang lumayan, kami istirahat sejenak. Setelah itu, saya diajak ke workshopnya untuk melihat beberapa pesawat yang sementara dirakit. Beragam pesawat yang ada dalam workshopnya. Umumnya merupakan pesawat model yang ukurannya lebih besar. Kira-kira besarnya seukuran dengan ikan hiu dewasa. Beberapa diantaranya masih dalam kondisi baru dibuka dari bungkusannya. Pesawat elektrik, engine, helikopter, dan yang menyerupai kupu-kupu kerlap-kerlip ada di workshop ini. Beberapa pesawat ukuran kecil yang terbuat dari gabus juga nampak sementara dalam penyelesaian perakitan.

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali tanpa mengunjungi workshop ini khususnya bagi para aeromodeller.

Denpasar, 18 Februari 2008

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.