andi yaurie :: aeromodelingpemula :: Watampone :: South Celebes :: Indonesia

Sabtu, 26 April 2008

Latihan Sabtu pagi di Serangan


Sabtu ini kami cuma berempat latihan terbang di Pulau Serangan, Bali. Sekitar jam tujuh pagi Pak Hari sudah duluan sampai dan menerbangkan glidernya. Usia glidernya sudah delapan tahun namun pesawatnya masih kelihatan kokoh dan terbangnya masih lincah dikendalikan mencari-cari termal. Maklum pesawat aslinya hanya menggunakan tali untuk ditarik lalu terbang. Namun, ia telah memodifikasi dengan menambahkan propreller dan mesin elektrik brushless dengan menggunakan tenaga baterai.

Saya menyusul datang ke lapangan melihat sebentar glidernya Pak Hari diterbangkan. Saya langsung mempersiapkan pesawat saya cek servo, radio, dan mengisi bahan bakar. setelah semuanya beres lalu penerbangan dilakukan masih dengan tandem radio. Maklum minggu kemarin saya masih belum lancar menerbangkan pesawat meskipun sudah ditandem.

Pak Gatot tiba di lapangan setelah saya persiapkan pesawat untuk terbang. Setelah mengeluarkan pesawatnya dari bagasi ia langsung mengisi bahan bakar dan langsung menyalakan engine. Dengan segera, pesawat Pak Gatot langsung meluncur terbang dan berputar-putar di udara sebentar. Setelah mendaratkan pesawatnya dengan mulus ia beristirahat sebentar.

Nah....kini giliran saya terbang. Pak Hari yang mengantar pesawat take off, setelah berada pada ketinggian barulah saya diperkenankan mengendalikan. Baru kali ini saya merasakan mengendalikan pesawat dengan jempol saya. Setelah puas melakukan manuver sederhana di udara , bahan bakar pesawat semakin berkurang. Akhirnya diputuskan untuk mendaratkan pesawat. Untung pada saat pesawat hampir menyentuh tanah untuk mendarat engine berhenti sehingga tidak pendaratan dapat dilakukan dengan aman.

Setelah istirahat sejenak, Kadek datang dengan helikopter engine. Beberapa menit melakukan persiapan terbang, sang heli pun diterbangkan dengan manuver yang sangat cepat.Setelah helikopter mendarat, session penerbangan kedua saya persiapkan lagi dengan menambah fuel dan mengganti baterei reciever. Untuk mengantisipasi agar penerbangan tetap aman, lagi-lagi take off pesawat ditangani oleh Pak Hari dan setaelah pesawat berada pada ketinggian yang aman barulah giliran saya mengendalikan pesawat. Namun, matahari di Pulau Serangan makin terik dan panasnya semakin menyengat. Bagian kedua penerbangan saya segera diakhiri, dan...pesawatpun mendarat dengan selamat!!!

Denpasar, 26 April 2008

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.